Translate

Selasa, 11 Desember 2012

Cara Membuat Video dengan Window Movie Maker 6.0

Pernahkah anda berkeinginan membuat suatu dokumentasi berupa film dokumenter atau kenangan untuk buah hati?
yang nanti bisa menjadikan kenangan tersendiri setelah waktu berlalu dan si buah hati sudah beranjak dewasa.
Window Movie Maker

Tentu kenangan masa kecil adalah sesuatu yang indah untuk dikenang, tentunya para orang tua berusaha mengabadikan momen-momen tersebut.

dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini sudah banyak tersedia kamera dengan kualitas bagus dengan harga terjangkau.

seiiring dengan kesejahteraan masyarakat, keinginan mengabadikan momen-momen penting meningkat juga.


dari yang biasa hanya foto maka akan meningkat menjadi dokumentasi video.

nah kalo sekedar video hasil bidikan kamera mungkin terlalu polos maka dari itu diciptakanlah Window Movie Maker yang memungkinkan kita bisa make-up video kita sesuai keinginan kita.

di dalam Window Movie Maker ini, anda bisa meng-edit video, menggabungkan, serta memotong video anda. Anda juga bisa menambahkan audio background, atau sekedar animasi tulisan untuk mempercantik video kita.

hanya saja bagi orang awam mungkin agak sulit. terlebih bagi yang belum pernah berkecimpung di sekitar pekerjaan ini.

untuk itu saya mencoba untuk membagi sedikit trick atau tips untuk memudahkan kita menggunakan software ini.

Bermula dari tuntutan pekerjaan saya di kantor, Pihak corporate berencana mengadakan Public Expose minggu depan. Kebetulan di divisi saya mendapat tugas untuk mempersiapkan video perkembangan project yang sedang kita kerjakan. Atasan memberikan kepercayaan kepada saya untuk membuatnya.

Meskipun belum pernah sama sekali membuat video seperti ini saya terima tugas ini dengan semagat. itung-itung diberi kesempatan belajar yang bukan bidang utamanya. maka seperti biasa saya cari info di internet. bayak software bermacam-macam yang kita dapati. akhirnya pilihan saya mendarat di Window Movie Maker.


Mulailah saya persiapkan softwarenya. seperti biasa download dulu di internet. langkah selanjutnya adalah mempersiapkan video yang akan kita edit nanti. karena belum ada dokumentasi video sama sekali, maka saya di tugasi ambil video lewat kamera yang kebetulan ada fasilitas video recording-nya.

Setelah semua siap maka mulailah kita bekerja di Window Movie Maker.
  1. Pertama-tama video dan foto yang ada di kamera kita copy ke komputer.
  2. Persiapkan file audio ke komputer kita sebagai backgroundnya.
  3. Import semua media tersebut ke Window Movie Maker.
  4. Pada icon story board drag dan atur filmnya atau foto ke kotak yg tersedia
  5. Atur waktu videonya lewat icon timeline
  6. Make-up video anda dengan menambahkan Title dan credit.
  7. Tambahkan Audio di kotak timeline untuk audio/music.
  8. Tambahkan effect dan transition animation untuk mempercantik video anda
  9. Tada..... dan video anda pun sdh jadi dan siap di publish.
Setelah selesai semua saya publish. setelah menunggu beberapa lama kok gak beres-beres. pertama-tama saya anggap biasa. tapi setelah saya tinggal tidur esok harinya kok masih belum selesai. baru disini saya berfikir ada yang tidak beres dengan kerjaan tadi.

maka kita cari lagi apa penyebabnya lewat mbah google. terakhir ternyata penyebabnya adalah file audio, video dan foto saya terlalu besar dan formatnya bukan yang support untuk window movie maker.

Stelah nyari sana sini maka format yang bagus untuk Window Movie Maker adalah :

  1. Untuk Foto gunakan format .bmp padahal saya menggunaka JPEG
  2. Untuk Audio atau music gunakan format .wma padahal saya menggunaka format .mp3
  3. Untuk video gunakan format .wmv padahal yang saya gunakan adalah .avi
untuk itu saya memerlukan software untuk merubah format awal menjadi format sesuai di atas.

saya menggunakan software formatfactory untuk merubah format di atas.
setelah selesai mengconvert nya maka saya ulangi lagi langkah-langkah di atas. dan hasilnya video untuk public expose pun berhasil saya buat dan disetujui perusahaan.

Tidak bagus-bagus amat tapi saya puas untuk permulaan yang baik.

anda tertarik?
Silahkan mencoba.

setelah kita mengetahui langkah-langkah di atas berkembanglah pengetahuan kita tentang dunia perfileman. kita jadi mengerti bagaimana seharusnya angle yang bagus untuk video kita. background musik yang sesuai, dll. sehingga untuk next project harus lebih baik dari sekarang.

untuk softwarenya anda bisa doenload di link di bawah ini

1. Window Movie Maker 6 for Window 7 : klik
2. formatfactory295 : klik


2 komentar:

  1. thanks buat infonya gan,,sangat bermanfaat dan menambah wawasan

    http://obatherbalampuh.com/obat-herbal-kista-bartholin/

    BalasHapus
  2. terimakasih informasinya :)
    http://goo.gl/AGpX1y

    BalasHapus